Jumat, 12 Juni 2009

SEPERTI APAKAH RUMAH TANGGA KITA




Membangun sebuah rumah tangga, tentu tidak tanpa tujuan. Untuk mencapai tujuan rumah tangga yang diinginkan itulah tergantung bagaimana kita mengelola.

Ada beberapa tipe rumah tangga jika diibaratkan.

Tipe pertama adalah rumah tangga yang seperti hotel. Tipe ini memberikan gambaran sebuah rumah yang hanya digunakan untuk sekedar transit, istirahat, makan, dan pergi lagi yang penting dapat uang, bayar selesai. tanpa ada interaksi, tanpa ada komunikasi, tanpa ada kebersamaan.

Tipe kedua adalah rumah tangga yang tipenya seperti pasar. Dipasar yang ada adalah transaksi. penjual ingin barangnya dihargai paling tinggi. pembeli ingin membeli barang yang paling murah. dalam keluarga seperti ini, masing-masing merasa ingin menangnya sendiri. ga mau diatur, merasa harus diikuti kemauannya. tidak peduli dengan keinginan orang lain. Tak jarang terjadi benturan-benturan karena ingin menangnya sendiri. Dipasar juga banyak tipu2. mengurangi timbangan, menutupi yang jelek dikatakan baik. Dlm rumah tangga sperti pasar ini akan banyak ketidak jujuran. muslihat sana sini yang penting tujuan tercapai.

Tipe ketiga adalah rumah tangga tipe kuburan. Tipe ini tipe yang tidak dinamis. diam membisu, tidak ada interaksi, cuek satu sama lain, tidak ada kepedulian. Penghuni kuburan hanya tinggal memikirkan nasibnya sendiri. Rumah tangga seperti ini masing2 anggota hanya mikirkan dirinya masing2.

tipe keempat adalah rumah tangga seperti masjid. Orang yang masuk ke masjid utk beribadah pasti dalam kesucian. Semua orang yang beribadah pasti penuh ke ikhlasan, dalam sholat berjamaan ada fungsi imam dan makmum. Imam sebaai pemimpin rumah tangga dan makmum sbagai anggota rumah tangga. Dlm sholat berjamaan makmum masti akan taat pada imam. SAMI'NA WAATHO'NA . ada loyalitas pada pimpinan. namun demikian kalaupun imam melakukan salah, akan sangan berbesar hati untuk mengoreksi diri. Ada fungsi demokratisasi disana. Setelah sholat berjamah, ada doa bersama. dalam keluarga tipe ini, selalu ada pencerahan dan kehangatan. usaha bersama dengan penuh ke ikhlasan.

Nah. seperti apakan tipe keluarga kita untuk mencapai yang sakinah, mawadah, warohmah ???

seperti hotel, seperti pasar,..seperti masjid,.?? semu terserah kita beserta keluarga kita.
Membangun sebuah rumah tangga, tentu tidak tanpa tujuan. Untuk mencapai tujuan rumah tangga yang diinginkan itulah tergantung bagaimana kita mengelola.

SALAM KEHANGATAN UNTUK ISTRI DAN ANAK-2KU

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda